Danau Baruh Bahinu yang Alami nan Mempesona

268 views
0

WartaWisata.ID Danau Baruh Bahinu yang terletak di Kecamatan Paringin Selatan ini cukup dekat dari ibukota Kabupaten Balangan yakni berjarak kurang dari 10 km. Danau Baruh Bahinu menawarkan keindahan hamparan danaunya yang luas serta suasana hutan di sekitarnya dapat memberikan ketenangan. Kemudian, wisatawan juga bisa naik rakit untuk menikmati dan merasakan langsung pesona danau ini.

Memasuki desa menuju danau tersebut, aku melihat sebuah tugu atau monumen pahlawan di sisi kanan jalan. Di monumen tersebut tertulis nama-nama pahlawan yang gugur dalam peperangan melawan penjajah. Sayangnya keadaan tugu ini kurang terawat. Di sekelilingnya, rumput-rumput liar tumbuh dengan subur. Hal ini didukung pula dengan letaknya di jalan yang sunyi luar biasa.

Danau Baruh Bahino sebenarnya merupakan sebuah rawa yang luas sekali. Tapi sayang, sebagian besar permukaannya ditutupi oleh tanaman eceng gondok dan berbagai hidrofita lainnya. Membentang di atas danau ini jembatan dari kayu dan beberapa pelataran beratap menyerupai dermaga, yang sepertinya memang cantik jadi spot hunting foto saat sore menjelang.

Hebatnya, sampai kini danau ini masih ‘perawan’ atau masih sangat alami. Tak banyak sentuhan yang dilakukan pemerintah di danau itu. Itu sebabnya keindahan alam dan kesejukannya masih teramat fresh sehingga belakangan ini makin banyak orang yang mengunjunginya.

Komentar kamu?