Air Terjun Batulappa Barru, Sensasi Wisata Alam dengan Merdunya Suara Burung

1,019 views
0

WartaWisata.ID – Air terjun Batulappa atau sering juga dinamai Air terjun Sarang Burung oleh warga sekitar. Kicauan burung di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun menjadi salah satu asalan penamaannya, Air terjun ini terletak di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel.

Wisata yang satu ini memang agak sulit dijangkau karena jaraknya cukup jauh. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer dan menapaki akses jalan yang cukup terjal dan menanjak. Namun pemandangan air terjun yang menawan membuat kamu tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini.

Air terjun ini juga dinamakan Air Terjun Batulappa. Bukan hanya karena alasan lokasinya, akan tetapi Batulappa yang merupakan bahasa daerah berarti batu yang bersusun dalam bahasa Indonesia. Jika kamu melihat air terjun Batulappa, yang batu jalur airnya bersusun, kamu pasti akan mengatakan bahwa namanya sangat sesuai.

Airnya yang sejuk, angin sepoi yang berhembus ditambah kicauan burung yang menenangkan hati setiap pengunjung. Uniknya, air terjunnya tidak hanya satu tapi tujuh tingkat. Jarak air terjun antara satu dengan yang lainnya berkisar 100 meter. Setiap tingkatan menawarkan pesona yang berbeda.

Untuk bisa mencapai Air Terjun Batulappa, kamu harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Barru. Setelah di Barru dan melewati jembatan yang ada di pusat kota, selanjutkan kamu harus mencari Jl. Pahlawan untuk menuju Desa Tompo. Kemudian setelah 30 menit perjalanan, sampailah di Dusun Batulappa, di mana air terjun ini berada. Di Dusun batulappa, kamu bisa melihat hijaunya persawahan, dan hijaunya pedesaan yang bisa mencerahkan mata.

Jalan yang dilalui di Batulappa menuju air terjun, bisa dibilang merupakan jalan yang ekstrim karena harus berjalan kaki melewati area persawahan melalui pematangnya. Selanjutnya, kamu harus melewati jalur yang tingginya mencapai 45 derajat. Di sini kamu harus kuat, jika tidak, mungkin kamu akan cepat kelelahan. Namun letih itu akan terbayar ketika mencapai Air Terjun Batulappa yang merupakan tujuan utama.

Komentar kamu?