Pasar Terapung Lok Baintan, Pasa Unik di Banjar

143 views
0

WartaWisata.ID Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sungai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual beragam dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan dari pusat kota bisa ditempuh dengan dua alternatif. Alternatif pertama menyusuri sungai Martapura dengan menggunakan klotok, sejenis sampan bermesin. Dengan klotok, perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung terbilang cepat karena membutuhkan waktu 30 menit. Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil. Namun, untuk alternatif kedua membutuhkan waktu lebih panjang yakni satu jam untuk mencapai pasar terapung. Hal itu disebabkan medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku.

Untuk melihat langsung kehidupan pasar terapung di Lok Baintan, wisatawan harus berangkat sebelum matahari terbit. Pasar terapung ini beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 08.00.

Selain Lok Baintan, para pedagang tersebut biasanya datang dari beberapa kampung yang terbesar tak jauh dari anak Sungai Martapura diantaranya seperti Sungai Paku Alam, Sungai Lenge, Sunga Saka Bunut, Sungai Tanifah, Sungai Madang dan juga Sungai Lenge.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Lok Baintan adalah pada hari Jum’at yakni ketika hari pasar. Tak hanya dipenuhi oleh wisatawan lokal saja namun wisatan mancanegara pun terlihat mendatangi Lok Baintan. Bagi pengunjung yang hendak melihat aktivitas perdagangan atau berbelanja secara langsung dari dekat juga dapat menyewa klotok (perahu motor khas Kalimantan). Pastinya akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan, karena Anda akan dibawa menyusuri sungai sambil berbelanja di pasar terapung.

Komentar kamu?