Pantai Pagata, Pantai dengan Budayanya yang Unik

102 views

WartaWisata.ID Pantai Pagatan, adalah salah satu pantai yang ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Pagatan, Tanah Bumbu. Pantai ini dikenal masyarakat terutama karena festival Pesta Pantai atau Pesta Laut yang dikenal dengan Mappanretasi diselenggarakan di tempat ini setiap tahun di bulan April.

Pantai ini berjarak kurang lebih 300 km dari ibukota provinsi, Banjarmasin. Keindahan pantainya dapat terlihat langsung apabila pengunjung bepergian menuju Batulicin atau Kotabaru, karena pantai ini terletak di samping jalan utama trans-Kalimantan.

Pantai Pagatan memiliki garis pantai sejauh 200 m. Pasir putih pantainya memanjang dari barat ke timur sejauh 1,5 km serta luasnya 1,5 hektar. Hal ini memungkinkan para wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas di pantai ini.

Pantainya relatif sepi dengan deburan ombak yang relatif kecil. Garis pantainya memanjang luas mengikuti jalan dengan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Pemandangannya pantainya pun cukup indah sambil melihat banyaknya tongkang batubara yang berseliweran lewat.

Salah satu keunikan Pantai Pagatan dibanding pantai lainnya di Kalimantan Selatan adalah adanya acara ritual khas nelayan keturunan Bugis yang bermukim di Kabupaten Tanah Bumbu. Ritual tersebut dinamakan Pesta Laut (Maccera Tasi).

Ritual ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas sebagai limpahan hasil laut dan sekaligus memohon perlindungan selama nelayan berada di laut waktu sedang bekerja. Terdapat atraksi musik dan tarian-tarian tradisional serta melabuhkan sesajen ke tengah laut.

Berwisata ke Pantai Pagatan ini termasuk wisata yang murah meriah. Tidak ada biaya ataupun retribusi khusus yang ditarik dari wisatawan yang berkunjung dan menikmati suasana pantainya.

Komentar kamu?