Jembatan Barito, Pesona Jembatan yang dulunya Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

151 views
0

WartaWisata.ID Jembatan Barito adalah jembatan yang melintang di atas Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Secara administratif, jembatan ini berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin.

Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Merupakan akses jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan sebaliknya. Ketinggian ruang bebas jembatan utama 15 – 18 meter, sehingga bisa digunakan untuk lalu lintas perairan seperti Kapal Tongkang.

Jembatan Barito sering disebut pula jembatan Pulau Bakut, sesuai nama delta (pulau kecil) yang ada di bawahnya atau jembatan pulau Bakut, sesuai nama daerah tepi barat sungai Barito (sungai Banjar).

Jembatan Barito diresmikan pada tanggal 24 April 1997 oleh Presiden Suharto dan kala itu sempat menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia sebelum adanya jembatan Suramadu di Surbaya. Jembatan Barito. Secara administratif, jembatan ini sebenarnya berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin atau sekitar 30-40 menit perjalanan dengan motor atau mobil.

Lalu lintas kapal-kapal pengangkut berbagai kebutuhan dan kapal batu bara hili rmudik melintas disungai Barito. Pemandangan lainya yang bisa kita lihat adalah banyaknya anak muda dan warga sekitarnya yang sekedar menghabiskan waktu sore bersantai sembari menikmati kuliner yang ada disekitar jembatan. Tak heran bila sore banyak motor dan mobil berjejer disamping jembatan dan banyak wisatawan yang berfoto dengalan latar Jembatan dan tulisan Jembatan Barito.

Komentar kamu?