Taman Nasional Sebangau, Keindahan Satwa yang Istimewa

494 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Sebangau merupakan salah satu Taman Nasional yang terletak di Kalimantan Tengah. Posisinya di antara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan. Secara administratif, Taman Nasional Sebangau terletak di Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau & Kota Palangka Raya di provinsi Kalimantan Tengah.

Sungai Koran masuk dalam wilayah Taman Nasional Sebangau. Wisatawan bisa menyusuri sungai berwarna hitam ini naik speedboat dari dermaga di Desa Kereng Bangkirai, sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya.

Tiba di Desa Kereng Bangkirai, yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi kantor Taman Nasional yang terletak persis di sebelah dermaga. Dari sini, wisatawan bisa menyewa speedboat dengan harga Rp 500.000. Satu speedboat bisa dinaiki maksimal lima orang.

Hutan ini memiliki luas sekitar 568,700 hektar ini dan menjadi rumah bagi lebih dari 6000 orangutan. Dengan jumlah tersebut membuat tempat ini dianggap sebagai salah satu populasi orangutan terbesar di dunia liar.

Adapun kekayaan alam yang dimiliki Taman Nasional Sebangau meliputi 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 spesies ular. Jenis-jenis flora yang tumbuh di areal rawa gambut TNS sangatlah spesifik dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi baik dari hasil kayunya maupun hasil non-kayu seperti getah-getahan, rotan, obat-obatan dan lain sebagainya.

Komentar kamu?