Museum Lewu Hante, Wisata Sejarah yang Populer Barito Timur

2,428 views
0

WartaWisata.ID Lewu Hante dalam bahasa Dayak Maanyan yang berarti Rumah betang. Karena letak dari rumah betang ini ada di wilayah kabupaten Barito Timur yang mayoritas masyarakat menggunakan bahasa Maanyan, maka saya menyebut nya “Lewu Hante”.

Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Tamiang Layang ke arah Banjarmasin.

Lewu Hante adalah rumah adat suku dayak yang ada di kalimantan, Panjangnya bisa mencapai 30-150 meter serta lebarnya dapat mencapai sekitar 10-30 meter, memiliki tiang yang tingginya sekitar 3-5 meter. Biasanya Betang dihuni oleh beberapa keluarga. Pembuatan rumah Betang haruslah memenuhi beberapa persyaratan berikut diantaranya pada hulunya haruslah searah dengan matahari terbit dan sebelah hilirnya ke arah matahari terbenam. Hal ini dianggap sebagai simbol dari kerja keras untuk bertahan hidup mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Semua suku Dayak, terkecuali suku Dayak Punan yang hidup mengembara.

Lewu Hante yang dibangun tinggi dari permukaan tanah dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang meresahkan para penghuni betang, seperti menghindari musuh yang dapat datang tiba-tiba, binatang buas, ataupun banjir yang terkadang datang melanda. Lewu Hante di bangun menggunakan bahan kayu yang berkualitas tinggi, yaitu kayu ulin, selain memiliki kekuatan yang bisa berdiri sampai dengan ratusan tahun, kayu ini juga anti rayap.

Di depan museum Lewu Hante Pasar Panas Kabupaten Barito Timur di bangun sebuah tugu Perbatasan dengan patung Burung Manengang atau burung Enggang di puncaknya, burung yang semakin langka ini merupakan ciri khas Pulau Kalimantan, hampir setiap provinsi menggunakannya sebagai icon.

Tugu perbatasan ini juga menandakan anda ada di Provinsi Kalimantan Tengah, karena tugu ini adalah tugu perbatasan Kateng – Kalsel Pasar Panas.

Museum Lewu Hante Pasar Panas adalah salah satu tempat populer yang ada di kabupaten barito timur setelah Kota Manuwu Tamiang Layang dan Kota Ampah.

Komentar kamu?