Danau Biru, Bekas Tambang di Katingan yang Mempesona

1,379 views
0

WartaWisata.ID Kabupaten Katingan selain terkenal dengan wisata alamnya, di Kabupaten Katingan juga ada wisata buatan manusia, yaitu Danau Biru. Danau ini awalnya adalah tempat tambang yang menghasilkan kubangan yang cukup luas. Setelah dibiarkan sekian lama, Kubangan tersebut menjadi danau, dan airnya pun sangat jernih, berwarna biru segar. Danau ini berada di Kecamatan Tawang Sangalang.

Jarak menuju tempat danau biru ini sebetulnya tak begitu jauh. Jika menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua melewati jalan kabupaten ke arah Kecamatan Pulau Malan, sekitar kurang lebih 30 menit dari Kota Kasongan sudah sampai di tempat itu.

Posisinya persis di sebelah kiri jika dari arah Kasongan dengan jarak sekitar kurang lebih 100 meter dari badan jalan utama, masuk ke dalam arah menuju Desa Tewang Rangkang.

Inilah sisa dari pertambangan emas yang sudah bertahun-tahun dibiarkan yang menyisakan kubangan yang sangat besar. Dan karena proses alam, maka jadilah Danau Biru yang justru saat ini menjadi tempat wisata di Kalteng tepatnya di Kabupaten Katingan.kebanyakan anak-anak muda yang mengunjungi Danau Biru yang hanya ingin sekedar selfie dengan background keindahan warna birunya air danau. Terkadang juga ada anak-anak muda hingga menginap di kawasan Danau Biru sembari mendirikan tenda.

Komentar kamu?