WartaWisata.ID – Ajang Pencarian Bakat, Sebuah acara bakat atau acara pencarian bakat merupakan acara di mana peserta melakukan talenta bernyanyi, menari, akrobat, peran, drum, seni bela diri, memainkan alat musik, atau kegiatan lainnya untuk menunjukkan keterampilan yang dimiliknya.

Saat ini, pertunjukan bakat telah menjadi genre penting dari acara realitas maupun ragam acara dalam televisi, Beberapa contoh ajang pencarian bakat televisi seperti Idol, Got Talent, The X Factor, dan The Voice, yang telah kritis dalam melambungkan beberapa seniman amatir menjadi bintang dan menyebabkan karier mereka sukses secara komersial.

Acara pencarian bakat di Indonesia seringkali diasosiasikan dengan acara musik, namun ada juga acara yang tidak berfokus hanya pada bakat musik. Akademi Fantasi Indosiar dan Indonesian Idol menjadi ajang pencarian bakat pertama yang sukses meraih banyak pemirsa televisi di era 2000-an. Sebelumnya, pada tahun 90-an, ajang pencarian bakat yang cukup banyak menarik perhatian adalah Asia Bagus yang disiarkan di TVRI dan RCTI yang berhasil mengorbitkan sejumlah penyanyi kenamaan Indonesia seperti Krisdayanti dan Dewi Gita.

Dari Ajang pencarian bakat tersebutlah turut melahirkan Idola yang pada akhirnya turut mengharumkan daerahnya, sehingga Daerahnya pun semakin dikenal secara Nasional, masih segar dalam ingatan kita seorang Evi Anggraini atau dikenal dengan Julukan Evi Masamba.

ikut melambungkan Nama Masamba bahkan sebuah Desa kecil yang bernama Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara dimana merupakan Desa kelahirannya yang tentunya sangat asing bagi Masyarakat Indonesia, tetapi akibat kemunculannya Desa kecil tersebut menjadi ramai dibicarakan bahkan nama Masamba melekat dengan seorang Evi.

Selain Evi Masamba, tercatat beberapa nama yang turut melambungkan nama daerahnya seperti, Fildan Rahayu Turut melambungkan Kota Bau-Bau di Sulawesi Tenggara, Oki Daeng Mabone yang lebih dikenal dengan Oki Palu Juara Suca 4, bahkan ditengah kompetisi Palu mengalami bencana, Oki secara tidak langsung menjadi setitik air pelepas dahaga ditengah Duka Warga Palu saat itu, hal serupa dialami Deven Idol Jr dimana Lombok masih dalam suasana berduka atas rangkaian peristiwa Gempa Bumi.

Melambungnya nama seorang Idola baru secara tidak langsung juga telah mengangkat dan mengharumkan nama Daerahnya yang makin dikenal oleh Masyarakat luas sehingga sehingga sang Idola menjadi Duta Daerah bahkan Bangsanya.

Komentar kamu?