Gunung Bromo, Pesona Alam Terbaik Di Jawa Timur

751 views
0

WartaWisata.ID Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kawasan Wisata Bromo terletak pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, dan di apit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan Pripinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Ada empat pintu masuk untuk mencapai kawasan Wisata Bromo yaitu Desa Cemorolawang (Probolinggo), Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Ngadas Tumpang ( Malang) dan Desa Burno (Lumajang).

Kawasan Wisata Gunung Bromo sudah di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, misal penginapan, hotel, homestay serta transportasi yang mudah di temukan untuk mengunjungi Gunung Bromo

Bagi wisatawan, liburan ke gunung Bromo sangatlah istimewa karena lautan pasirnya yang luas sekitar10 kilometer persegi mengelilingi kawah Bromo yang mengepulkan asap putih.

Dari puncak gunung Penanjakan wisatawan bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan hamparan lautan pasir luas dan pemandangan latar belakang yang indah yaitu gunung Semeru, gunung Bromo dan Gunung Batok.

Selain menikmati pesona keindahan gunung Bromo, anda juga dapat melanjutkan wisata anda mengunjungi suku tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo dimana suku tengger ini dipercaya adalah keturunan langsung dari kerajaan Majapahit dan menganggap Gunung Bromo merupakan tempat suci bagi mereka, maka dari itu setiap tahun mereka mengadakan ritual adat yang bernama upacara Kasodo di di Pura luhur Poten yang berlokasi di kaki gunung Bromo yang diteruskan hingga ke puncak Gunung Bromo.

Tempat yang sering dijuluki bukit Telletubies ini memang wisata yang tidak bisa dilewatkan.

Komentar kamu?