Patung Budha Tidur, Keindahan Patung Budha di Mojokerto

323 views
0

WartaWisata.ID Tau tidak negara mana yang memiliki patung Budha tidur terbesar di dunia? Ya, Thailand jawabannya. Namun, kini Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand untuk dapat menikmati wisata patung Budha yang indah dan menarik. Di Indonesia sendiri, lokasi Patung Budha Tidur terletak di lima wilayah berbeda yang tersebar di seluruh nusantara, salah satunya berada di Mojokerto.

Patung Budha Tidur Mojokerto memang menjadi destinasi wisata Andalan di kabupaten ini. Berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, tempat wisata ini dapat Anda jadikan destinasi yang menarik untuk berlibur.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan. Kabarnya patung ini disebut-sebut sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara, setelah Thailand dan Nepal yang lebih dulu mengunggulinya. Dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, menjadikannya sebagai patung Buddha tidur terbesar di Indonesia. Patung Buddha Tidur dibangun menghadap ke selatan, yang dianggap kiblat bagi umat Buddha.

Awal mulanya, patung ini dibuka untuk kegiatan ibadah umat Buddha. Namun, lambat laun akhirnya menjadi tempat wisata potensial, sehingga di tahun 2012 akhirnya diresmikan menjadi tempat wisata. Patung ini di cat emas mengkilat untuk menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Berlokasi di jalan raya Trowulan Bejijong, Patung Buddha Tidur di buka setiap hari sejak pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Selain menikmati keindahan bangunan-bangunan yang ada di Vihara, Patung ini juga dikelilingi kolam yang berisi ratusan ikan koi dan tumbuhan teratai yang dapat menarik perhatian Anda. Berbagai patung dan miniatur Candi Borobudhur juga terdapat di kawasan wisata ini.

Berbagai makanan dan aksesoris khas Budha juga akan menyambut Anda di depan Kompleks Maha Vihara Mojopahit ini. Anda tak diperbolehkan untuk menyentuh Patung tersebut, karena sekarang kawasan patung tidur tersebut dikelilingi oleh pagar besi untuk menjaga keaslian dan keindahannya.

Lokasi wisata ini dulunya tak mengenakan biaya apapun untuk dapat menikmati keindahannya. Namun, untuk menunjang kelestarian wilayah tersebut, kini pemerintah Mojokerto mengenakan tarif masuk sebesar 3.000 rupiah untuk dewasa, dan 2.000 rupiah untuk anak-anak. Sedangkan untuk parkir kendaraannya, Anda hanya dibanderol Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil.

Komentar kamu?