Gili Iyang, Pulau Sehat dengan Kadar Oksigen Tinggi

147 views
0

WartaWisata.ID Gili Iyang adalah sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ibukota kecamatan Dungkek sendiri berada di daratan Pulau Madura. Pulau inilah yang menjadi ikon wisata Sumenep. Namanya sudah tersohor hingga mancanegara, terutama Eropa dan China.

Untuk menjangkau Gili Iyang hanya perlu waktu 40 menit dari pelabuhan Sumenep menggunakan kapal cepat. Tiba di Gili Iyang, Anda tinggal menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara. Bila pengunjung merasa punya banyak waktu untuk tinggal, maka pengunjung bisa bermalam di homestay yang menjadi satu dengan pemilik rumah.

Yang menarik dari pulau ini, merupakan pulau dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia, setelah Jordania yakni 21,5 persen. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BBTKLPP atau Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur. Kandungan oksigen yang ada di Gili Iyang bahkan lebih tinggi dari Laut Mati di Yordania yang membuat Gili Iyang menjadi daerah dengan oksigen tertinggi di dunia.

Kandungan oksigen yang tinggi di Gili Iyang tidak hanya disebabkan banyaknya pepohonan hijau yang masih rimbun namun juga karena adanya perputaran udara yang terjadi di sekitar laut. Pepohonan ini juga menghiasi sekitar pantainya yang tak kalah indah dengan Gili Labak.

Komentar kamu?