Kebun Pak Budi, Wisata Edukasi Hidroponik sambil Berfoto Ria di Pasuruan

1,378 views
0

WartaWisata.ID Hampir di semua wilayah Jawa Timur memiliki tujuan wisata yang khas. Terutama kota Batu dan Malang yang memang dikenal dengan surganya wisata. Khusus untuk Pasuruan, sekarang ada destinasi wisata baru yang bisa direkomendasikan untuk teman-teman dan keluarga. Bagi kamu yang bosan dengan wisata pantai, gunung kamu bisa coba Wisata Edukasi yang baru di Pasuruan, yaitu Kebun Pak Budi. Kebun pak Budi Menawarkan Eduvacation. Terletak di Desa Canggih, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Wisata yang terletak di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ini diberi nama sesuai nama pemiliknya, Budi Sugiharto, yang benar-benar ingin menjadikan perkebunannya sebagai wisata pendidikan. Awalnya hanya perkebunan biasa yang kemudian dibuka setelah menerima sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Ini merupakan destinasi wisata yang juag menawarkan konsep edukasi, terutama bagi mereka yang ingin belajar mengenai hidroponik. Para pengunjung bisa menyaksikan secara langsung sayuran atau tanaman lain yang ditanam dengan cara hidroponik. Hidroponik ini sendiri adalah budidaya tumbuhan dengan memanfaatkan air tanpa tanah dengan menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tujuan dari konsep kembali ke alam dari Taman Pak Budi ini adalah memberikan pembelajaran secara langsung kepada generasi muda proses bahan pangan terbentuk, supaya lebih menghargai makanan yang dikonsumsi.

Ternyata tidak hanya hidroponik saja yang ditawarkan, banyak aktivitas bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan. Misalnya saja ada kolam pembesaran ikan, peternakan sapi, edukasi kopi, sawah, amphiteatre, dan lain-lain.

Sejak dibuka, Pengaruh media sosial tampaknya memiliki dampak yang sangat positif terhadap tempat wisata baru yang terletak di lereng Gunung Arjuno ini. Kebun Pak Budi langsung booming pada akhir 2017. Karena tempat wisata yang satu ini selain menawarkan wisata edukasi, juga banyak menyajikan spot selfie yang instagenik, tentunya berbeda dengan tempat wisata yang kamu kunjungi, karena yang ditawarkan disini adalah edutainment.

Harga tiket masuk per 1 Januari 2018 adalah Rp.20.000/orang. Saat ini, tiket masuknya menjadi Rp.35.000/orang untuk Senin hingga Jumat. Sementara harga tiket masuk Kebun Pak Budi pada akhir pekan dan hari libur adalah Rp.50.000/orang.

Komentar kamu?