Alun – Alun Kota Lumajang, Taman Ikon Sejarah Tempat Bertemunya Para Raja, Pejabat dan Rakyatnya

475 views
0

WartaWisata.ID Alun – Alun Kota Lumajang yang menjadi pusat kota Lumajang, kini sudah jauh berbeda. Selain terdapat hamparan lapangan, di lingkari dengan banyaknya tanaman dan pohon – pohon rindang. Sebagai ikon sejarah, tempat bertemunya para raja, pejabat dan rakyatnya, Alun – Alun Lumajang, hingga kini terpelihara dengan baik. Tempat ini terletak di Jl. Alun-Alun Utara, Rogotrunan, Jogoyudan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ditengah Alun – alun terdapat pohon beringan besar yang usianya sudah ratusan tahun dan kini menjadi Jantung Kota Lumajang. Selain digunakan untuk upacara hari – hari besar nasional, Alun – alun Lumajang kini juga menjadi taman kota yang indah dan asri, sekaligus menjadi simbul kepedulian masyarakatnya terhadap kelestarian lingkungan.

Bahkan, setiap minggu pagi, kawasan Alun – alun Lumajang dijadikan area Car Free Day untuk menyeimbangkan alam akibat polusi kendaraan dan sekaligus sebagai bentuk komitmen kepedulian lingkungan. Alun – Alun ini dihiasi beragam tanaman yang juga merupakan paru-paru kota dengan Luas 6, 025 Ha.

Alun-alun Lumajang kian memikat masyarakat, mereka rela sejenak menanti demi menyaksikan atraksi air mancur menari setelah dibuka oleh Bupati Lumajang, Bapak As’at Malik pada momen pergantian tahun. Ada sekira 5 air mancur yang ada dikawasan alun-alun dan dihidupkan sejak pukul 18-00 WIB, kemudian dimatikan oleh petugas pada jam 21.00 WIB. Frekuensi warga yang datang nampak warga berkumpul sejak sore untuk melihat atraksi itu.

Komentar kamu?