Air Terjun Sedudo, Pesona Alam Nganjuk Dengan Mitosnya

104 views
0

WartaWisata.ID Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan objek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Saat yang paling ramai dikunjungi, adalah pada saat bulan suro tanggal satu. Pada setiap tanggal satu Suro, biasanya tempat ini dijadikan atau di adakan ritual siraman. Dan yang menrik, yang disiram adalah arca, atau ritual ini disebut juga dengan Parna Prashita. Selain pesona dan keindahan alamnya yang memanjakan mata, kompleks Air Terjun Sedudo juga dijadikan lokasi pencucian pusaka. Air Terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Kerajaan Majapahit, air terjun ini diyakini sebagai tirta suci yang mengalir dari kahyangan.

Selain terkenal akan keindahannya, Air Terjun Sedudo juga terkenal dengan cerita mistisnya. Konon, Air Terjun Sedudo ini berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga dapat membuat awet muda. Oleh karena itu banyak diantara pengunjung yang rela datang jauh-jauh ke Air Terjun Sedudo dan berlama-lama berendam disana. Selain itu ada juga yang percaya bahwa air di Air Terjun Sedudo ini dapat melancarkan karir politik. Kabarnya banyak pejabat baik tingkat Desa sampai tokoh nasional yang menyempatkan waktu untuk berendam di Air Terjun Sedudo ini.

Harga tiket masuk Air Terjun Sedudo cukup murah yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang baik anak maupun dewasa. Sedangkan biaya parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.

Komentar kamu?