Godong Ijo, Wisata Edukasi Keluarga di Depok, Patut di Coba

691 views
0

WartaWisata.ID Ternyata Depok memiliki tempat wisata edukasi yang cukup asyik, namanya Godong Ijo. yang terletak di Jalan Raya Cinangka No. 60 Km.10, Desa Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Tempat ini bisa Anda capai dari Pondok Indah, Jakarta Selatan hanya dalam waktu sekitar 20 menit. Wisata Edukasi Godong Ijo menawarkan keseruan untuk Anda bersama anak- anak dan keluarga. Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan yang langsung berinteraksi dengan alam. Pastinya kegiatan yang mendidik ini sangat baik bagi anak–anak.

Sesuai dengan namanya (Godong Ijo = daun hijau) tempat wisata edukasi ini dipenuhi dedaunan hijau. Ketika melewati gerbang kita sudah merasakan teduhnya dedaunan rindang dari pohon-pohon yang ada di kiri dan kanan kita. Hal ini mengingatkan kita akan suasana di Kebun Raya Bogor. Beberapa pohon besar menaungi kita sampai masuk ke dalam area. Hembusan angin di antara dedaunan, juga membuat kita merasa lebih segar.

Sebenarnya, wisata edukasi ini sudah lama ada di Depok. Cuma mungkin kurang terpublikasikan.

Ada beberapa kelebihan yang ada di Godong Ijo, yang tidak ada pada tempat wisata edukasi lainnya. Pertama, ada tanaman-tanaman langka, yang biasanya kita dapati di Kebon Raya Bogor. Ada pula jenis-jenis tanaman mahal yang duluu sempat booming seperti Anthurium. Sedangkan untuk edukasi, beberapa contoh tanaman berada pada sudut tersendiri.

Kedua, ada binatang-binatang langka. Godong Ijo memang tidak menciptakan sebuah mini zoo tapi kita bisa mendapati beberapa hewan yang langgka. Misalnya ular phyton, yang boleh digendong atau difoto oleh para peserta wisata edukasi. Lalu ada kura-kura raksasa, yang belum lama ini mati, untunglah sudah ada regenerasi dengan anak kura-kura yang beranjak dewasa. bahkan ada ikan ganas Arapamia yang berasal dari sungai Amazon. Ikan ini kanibal seperti piranha, ttetapi ukurannya cukup besar, lebih dari paha orang dewasa. Ikan ini diberi makan dagging setiap hari. Keberadaan tanaman dan hewan langka di tempat ini tidak terlepas dari hobi si pemilik Godong Ijo yang nyentrik.

Ketiga, di Godong Ijo ada kolam pemancingan ikan. Pada hari-hari tertentu ada lomba memancing yang dikuti oleh umum. Mereka berlomba mendapatkan ikan terbesar dan terberat. Tentu saja orang-orang yang punya hobi memancing tidak pernah melewatkan hal ini.

Keempat, ada pelatihan membuat keramik. Para peserta wisata edukasi bisa mendapatkan pelatihan untuk membuat keramik dari tanah liat. Mereka bebas membentuk keramik sesuai dengan imajinasinya, atau boleh juga mencontoh dari sangg guru atau benda-benda keramik yang sudah ada. Beberapa karya dari peserta pelatihan keramik bisa kita lihat dalam etalase kaca di salah satu sudut Godong Ijo.

Kelima, ada cafe Godong Ijo yangg menyediakan kuliner lezat. Ada Gurame goreng tepung ala Thailand yang gurih dan renyah, Saya belum pernah makan masakan ikan gurame seenak ini. Ditambah pecel madiun, tahu dan tempe mendoan, terasa sangat nikmat. Dan yang paling ‘nendang’ adalah sayur asam. Betul-betul Mak Nyoss, rasa sayur asamnya, bikin ketagihan. Rupanya sayur asam inilahh yang menjadi ciri khas dan andalan dari Cafe Godong Ijo. Cafe ini tidak hanya boleh dimasuki oleh umum, peserta wisata edukasi juga boleh memesan makanan disini.

Keenam, Godong Ijo menyediakan hadiah mobil untuk peserta yang membeli tanaman di sana. Jika ada yang berminat membeli tanaman langka hasil persemaian Godong Ijo dalam jumlah tunai tertentu, berhak mendapatkan kupon. Kelak kupon itu akan diundi. Hadiahnya tidak main-main, sebuah mobil.

Komentar kamu?