Jembatan Merah Putih, Ikon Baru yang Bikin Ambon Kian Manise

974 views
0

WartaWisata.ID Jembatan Merah Putih adalah Jembatan kabel pancang yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Jembatan ini membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia Timur, menjadi bagian dari keseluruhan tata ruang Kota Ambon, dan menjadi ikon kota Ambon.Jembatan yang baru saja diresmikan sekitar Maret 2016 lalu ini menghubungkan antara Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara dengan Desa Hative Kecil atau Galala di Teluk Ambon pada sisi selatan. Jembatan baru ini langsung menjadi jembatan terpanjang di kawasan timur Indonesia, khususnya Provinsi Maluku dengan panjang 1.140 meter.

Jembatan yang membelah teluk itu memiliki tinggi 32 meter. Ketinggian itu dinilai menyulitkan kapal untuk lewat sehingga AL meminta jembatan dibangun lebih tinggi hingga 43 meter. Namun, akhirnya disepakati bahwa tinggi jembatan tak perlu ditambah 9 meter demi keamanan.Ketika melewati Jembatan Merah Putih, pada sisi kanan dan kiri dapat terlihat cantiknya Teluk Ambon karena tingginya berkisar 34,1 meter di atas permukaan laut.

Komentar kamu?