Taman Sri Baduga Situ Buleud, Pertunjukan Air Mancur yang Menakjubkan

116 views
0

WartaWisata.ID Obyek Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur ini punya pertunjukan yang menarik. Para wisatawan yang bingung berpergian kali ini, datang saja ke sana karena mudah dijangkau dari Bandung juga Jakarta.

Dulu, saat Purwakarta masih berupa hutan belantara, Situ Buleud adalah danau tempat berkubangnya para badak. Kini, satu-satunya badak yang tersisa adalah patung badak putih di depan Taman Sri Baduga. Danaunya sekarang sudah dibersihkan dan dipercantik. Kursi tribun berkapasitas 5.000 orang disusun bertingkat mengelilingi danau seluas 4 hektare tersebut. Mirip amphiteater, tapi panggungnya danau. Di tengah danau, terdapat patung Sri Baduga yang dikelilingi empat ekor macan. Kabarnya, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi dipilih menjadi patung utama Situ Buleud karena merupakan sosok raja yang mengedepankan nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, pesan ini akan terus terbawa dalam kehidupan masyarakat Purwakarta.

Pertunjukan air mancur Sri Baduga berlangsung setiap malam Minggu. Ada tiga kali pertunjukan, antara pukul 19.30 sampai pukul 22.00. Sambil menunggu pertunjukan, kamu bisa jalan-jalan dulu di luar area taman. Sepanjang jalan banyak sekali penjaja makanan, mulai dari sosis bakar, jagung rebus, bajigur, cakwe, dan lain-lain. Semuanya pun murah-murah. Seberapa murah? Saya jajan bajigur dan jagung rebus cuma habis Rp7,000.

Komentar kamu?