Talaga Bodas Garut, Menikmati Keindahan Danau di Kawah Gunung

46 views

WartaWisata.ID Kawah Talaga Bodas merupakan objek wisata alam di Garut bertema wisata alam yang cukup pavorit setelah Gunung Papandayan. Talaga artinya “danau” sedangkan bodas artinya “putih” dan jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Danau Putih”. Sesuai dengan namanya “Talaga Bodas” kawah di Gunung ini membentuk danau dengan air berwarna putih. Meskipun aktivitas vilkanik di kawah ini masih aktif, akan tetapi tidak akan membahayakan keselamatan pengunjung.

Lokasi kawah talaga bodas terletak sekitar 28 KM dari ibu kota Garut dan relatif mudah dijangkau dengan kendaraan roda 2 ataupun 4. Hanya saja saat ini lebih dari setengah jalan menuju ke lokasi dalam kondisi rusak berat. Pastikan kondisi kendaraan anda sehat kalau menuju kesini.

Di Talaga, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hikking, tracking, camping, fotografi, serta pemandian air panas. Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan akan makin indah karena kabut masih menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panorama di Talaga Bodas. Setelah puas berfoto ria dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, pengunjung bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami dan air terjun.

Harga tiket masuk adalah Rp. 9.500 rupiah/ orang sudah termasuk kontribusi asurasi. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan dikenakan tarif Rp. 5.000. Jarak dari area parkir ke Talaga kurang lebih sekitar 1 km. meskipun jalan sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4, namun aturan yang berlaku kendaraan tidak boleh masuk. Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa berjalan kaki atau bisa memilih naik ojek yang sudah berjejer di pintu masuk dengan tarif Rp. 15.000 pulang pergi.

Komentar kamu?