Surga Mangrove yang Tersembunyi di Muara Gembong Bekasi

103 views

WartaWisata.ID Kalau Jakarta punya Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, maka Bekasi punya Muara Gembong. Hutan mangrove ini sangat indah dan masih alami. Inilah paras cantik Bekasi yang warganya sendiri mungkin belum tahu. Nama Muara Gembong diambil dari nama kecamatan di Bekasi dimana hutan mangrove ini berada. Hutan Mangrove disini terbilang sangat luas. Panjang kawasan hutan ini sekitar 17 kilometer.

Hutan ini merupakan hutan bakau alami, oleh karena itu tidak heran jika pada beberapa titik terdapat pohon bakau / Mangrove dengan ukuran yang besar. Selain itu, karena wilayahnya cukup luas membuat sensasinya seperti berada di hutan yang ada di Kalimantan.

Muara Gembong sebenarnya merupakan nama kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Bekasi. Di dalamnya ada enam desa yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Bakti, Desa Jaya Sakti. Jarak dari pusat Kota Bekasi ke sana, sekitar 70 km atau naik mobil ditempuh dengan waktu 2 jam.

Kawasan hutan Mangrove Bekasi ini sempat mengalami kerusakan. Kerusakan ini diakibatkan oleh pembuatan tambak ikan oleh masyarakat sekitar. Namun, pada tahun 2015 silam, sebuah komunitas pecinta lingkungan yang bernama Muara Gembongku, mulai menggalakkan pelestarian hutan mangrove Bekasi ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggalakkan penanaman satu ponoh mangrove untuk satu kolam dan juga melakukan konservasi.

Wisata Hutan Mangrove Bekasi ini menawarkan berbagai pesona keindahan yang menarik bagi pengunjung. Sebut saja pemandangannya yang asri dan alami. Keasrian tempat wisata ini membuat para pengunjung seolah – olah berada di hutan pedalaman. Padahal, lokasinya tidak jauh dari kawasan perkotaan yang padat. Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat pas bagi teman – teman yang ingin melepaskan diri sejenak dari ruwetnya perkotaan.

Selain itu, karena lokasinya yang masih alami, membuat banyak fauna yang tinggal di hutan ini. Tidak kurang dari 158 jenis burung dapat kita temui di Muara Gembong ini. Ada juga lutung Jawa yang juga hidup di kawasan ini.

Hutan Mangrove Bekasi ini juga menawarkan paket edukasi mengenai tanaman Bakau / mangrove. Edukasi ini meliputi segala sesuatu mengenai mangrove, mulai dari pengenalan hingga cara budidayanya.

Komentar kamu?