Taman Nasional Way Kambas, Wisata Habitat Gajah

156 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Taman nasional ini merupakan salah satu dari beberapa pusat pelatihan gajah liar yang ada di pulau Sumatera. Taman Nasional ini sendiri secara resmi berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan pada tahun 1989 silam. Taman yang berdiri di atas lahan seluas 130.000 hektar ini memang secara khusus menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan gajah asli Sumatra. Terletak di ujung selatan Sumatera, 110 km dari Bandarlampung,

Hal ini diyakini bahwa sekitar 200 gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranensis) hidup dalam taman nasional. Gajah Sumatera adalah salah satu dari tiga subspesies yang diakui Asian Elephant, dan asli Pulau Sumatera. Secara umum, gajah Asia lebih kecil dibandingkan dengan Afrika dan memiliki titik badan tertinggi di kepala. Di antara gajah Asia, gajah Sumatera adalah yang terkecil, dengan tinggi bahu berkisar antara 2 meter dan 3,2 meter (6,6 kaki. 10,5 ft). Gajah liar Sumatera yang sebelumnya ditemukan di delapan provinsi Sumatera. Namun, vegetasi yang padat dan hutan hujan tropis yang kusut membuat sulit untuk memperkirakan jumlah pasti mereka.

Way Kambas memang identik dengan satwa gajah Sumatera. Namun, di taman nasional ini ada satwa langka lainnya yang dipelihara seperti badak, harimau sumatera, dan beberapa satwa langka lainnya. Taman Nasional ini juga sudah terkenal ke mancanegara.

Bahkan banyak peneliti dari luar negeri yang melakukan penelitian di sana tentang satwa-satwa Sumatera yang semakin langka. Tidak heran, karena Way Kambas juga adalah perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang memiliki rawa air tawar, semak belukar, dan juga hutan pantai di Sumatera. Singkatnya, hutan Way Kambas adalah hutan topis yang lengkap.

Kegiatan yang bisa kita lakukan ditempat ini yaitu adanya Pusat Latihan Gajah dan untuk badak ada juga yaitu Suaka Rhino Sumatera, selain itu kita bisa menunggang gajah keliling dan juga berkemah.

Komentar kamu?