Benteng Anna, Benteng Peninggalan Inggris yang Bersejarah di Mukomuko

208 views
0

WartaWisata.ID Fort Anne atau lebih dikenal dengan Bentang Anna merupakan peninggalan sejarah dari beberapa benteng yang berada di pesisir barat Sumatera, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Fort Anne sendiri merupakan peninggalan dari tentara Inggris yang menguasai sebagian kecil Sumatera. Benteng Anna sendiri tidak seperti Benteng Marlborough yang masih berdiri dengan kokoh bangunannya.

Benteng Anna didirikan oleh kolonial Inggris (East India Company) pada tahun 1798 di tepi sungai Selagan yang berada di kabupaten Mukomuko, pada saat itu benteng ini dipergunakan untuk pertahanan perang dan aktivitas perdagangan hasil bumi. Nama Benteng Anna Sendiri diambil dari nama seorang bangsawan yaitu Keningin Anne van England.

Benteng Anna hanya tinggal nama, sedangkan bangunannya tidak lebih dari 10% yang masih berdiri dan tersisa. Benteng yang pernah didirikan di tahun 1798 tersebut terletak di Kabupaten Muko-Muko yang dulunya digunakan untuk pertahanan perah dan aktivitas perdagangan. Kini Benteng Anna menjadi salah satu lokasi tujuan wisata bersejarah yang bisa di kunjungi para wisatawan.

Meskipun saat ini Benteng Anna telah runtuh dan hanya tersisa beberapa puing-puing bangunannya. Beberapa wisatawan dan traveler masih banyak yang mengunjunginya meskipun hanya sekedar berfoto-foto. Ketika traveler mengunjungi Benteng Anna traveler hanya akan menemui sisa sisa tembok dan reruntuhan yang sudah tidak berbentuk. Di ujung bentang traveler juga akan menemui dua buah meriam kuno yang masih utuh.

Meskipun benteng ini merupakan peninggalan inggris, traveler akan melihat papan nama yang bertuliskan Cagar Budaya Benteng Anna. Suasana sekitar benteng yang terletak di tepi sungai Selegan ini dinding-dindingnya sudah banyak yang hilang. Tengahnya dan sekitaran benteng tersebut berupa rumput yang rapi. Diperkirakan Benteng Anna mempunyai lebar sekitar 58,5 meter dan panjang 63 meter, lebih kecil dari pada Benteng Marlborough

Komentar kamu?