Alun-Alun Taman Merdeka, Menikmati Suasana Taman dan Kuliner di Pangkal Pinang

1,234 views
0

WartaWisata.ID Alun-Alun Taman Merdeka terletak di Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang. Alun-Alun Taman Merdeka atau lebih dikenal dengan ATM, merupakan taman terbuka yang terletak di pusat kota Pangkalpinang. Terletak di Kilometer 0, Taman ini berada di barat jalan Jenderal Sudirman dan di depan rumah ex residen di Jalan Merdeka. Di kawasan sekitar ATM ini, terdapat terdapat lapangan tenis, internet hot spot, serta taman sari yang di dalamnya terdapat panggung hiburan rakyat, tempat permainan anak-anak, lapangan voli, jembatan sehat, lapangan permainan olahraga tradisional Gasing.

Wisata rekreasi yang memiliki luas sekitar 118 km2 ini adalah bagian dari wilayah Keresidenan Bangka yang waktu itu berganti dari awalnya di kota Muntok ke Pangkalpinang pada tahun1913 Masehi (Elvian, 2012:27). Taman yang diresmikan pada tanggal 9 Februari 2001 dengan sejumlah daya tariknya juga menghidupkan sektor wisata, terutama alam dan wisata kulinernya.

Taman ini merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat kota, terutama pada sore hari dan hari libur. Pada hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Alun-alun ini menjadi tempat dilaksanakannya Sholat. Pada pertengahan tahun, Festival Serumpun Sebalai digelar di taman ini.

Komentar kamu?