Taman Tanggo Rajo, Tempat Penguasa Menjadi Tempat Rekreasi di Tebo

1,213 views
0

WartaWisata.ID Taman Tanggo Rajo berada diKabupaten Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah

Kawasan Tanggo Rajo memang cukup strategis dan gampang dicari. Berada persis di Depan Rumah Dinas Gubernur Jambi di bilangan pasar Jambi, kawasan ini sudah menjadi kawasan wisata kuliner untuk warga Kota Jambi.

Kawasan wisata di tepi sungai terpanjang di Sumatera ini menawarkan wisata pemandangan dipadu dengan kuliner yang pantang dilewatkan. Di sini Anda bisa menikmati matahari terbenam sembari menikmati berbagai jajanan. Jajanan favoritnya adalah jagung bakar. Lokasi ini mulai ramai dari sore hingga malam hari. Pada akhir pekan, banyak pula pemancing yang mengunjunginya. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk membuka event-event penting yang diselenggarakan atau yang digelar di Kota Jambi.

Kabupaten Tebo berjarak 252 kilometer dari kota Jambi. Jika menggunakan bus atau travel, perjalanan ke sini bisa membutuhkan waktu selama empat jam. Kabupaten ini termasuk salah satu daerah yang dilewati aliran sungai Batanghari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini melewati beberapa daerah di Sumbar dan Jambi sebelum akhirnya lepas ke perairan Timur Sumatera.

Dijuluki sebagai “Ancol” nya Jambi, Tanggo Rajo berada persis di depan rumah dinas Gubernur. Namun, dari sebutan tersebut banyak dari masyarakat dan sejarahwan yang menentang. Berbeda dengan Ancol, Tanggo Rajo Jambi menyimpan sejarah yang sangat menarik. Dulunya merupakan sebuah bangunan kecil yang menjadi tempat naik turunnya penguasa tertinggi pada zaman kerajaan, kesultanan, dan lain-lain.

Ditambah lagi area pusat jajanan yang ada di kawasan taman wisata Tanggo Rajo ini tertata dengan rapi, sehingga akan memudahkan anda untuk memilih makanan-makanan yang anda sukai. Tempat wisata Tanggo Rajo ini akan semakin ramai jika malam tiba, apalagi malam minggu, hal ini dikarenakan lampu-lampu jalan yang menghiasi daerah sekitaran ancol–nya Jambi tersebut. Banyak pasangan muda-mudi yang datang untuk menikmati pemandangan indah sungai Batanghari pada malam hari.

Nah, jadi tahu kan kalau ternyata Tanggo Rajo Jambi tak hanya jembatan, namun juga pernah menjadi jalanan untuk para raja dan sultan.

Komentar kamu?