Candi Muaro Jambi yang Terluas di Asia Tenggara

322 views
0

WartaWisata.ID Kompleks Candi Muaro Jambi sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di asia tenggara, dengan luas 3981 hektar. yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian ini terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi. Candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini diketahui sebagai komplek candi terluas di Indonesia. Ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Komplek Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Sekitar 1 jam dari Kota Jambi dengan jarak sekitar 26 kilometer. Tiket masuk hanya Rp. 8.000.

Banyak artefak peninggalan Kerajaan Sriwijaya ditemukan di sekitar komplek candi Muaro Jambi. Banyak orang yakinmasih banyak lagi yang belum ditemukan.

Pertama kali ditemukan oleh tentara Inggris bernama Letnan SC Crooke pada tahun 1823 M, ketika ditugasi memetakan Sungai Batanghari. Candi Muaro Jambi memilih 80-an candi, sembilan candi besar. Bentuknya sangat berbeda dengan candi umumnya di Pulau Jawa. Candi tak dibuat dari batu alam, tapi dari batu bata. Pada tiap bata merah, terdapat pahatan relief. Sebagian dari bata ini ada yang disimpan di museum.

Candi-candinya berada tidak jauh dari aliran sungai Batanghari. Memiliki 61 candi yang sudah termakan usia. Baru sebagian yang telah selesai dipugar.

Juga ditemukan 85 buah ‘menapo’, reruntuhan candi yang tertimbun tanah.

Selain candi, juga ditemukan parit dan kolam. Fungsi parit untuk mengendalikan banjir dan sebagai jalur transportasi. Sedangkan kolam untuk menampung air.

Selain melihat-lihat peninggalan kuno berupa candi, gerabah, kanal, kolam, dan sebaginya. Juga rasakan keramahan masyarakan dan kuliner lokal di sana.

Komentar kamu?