Danau Ranau, Danau Terbesar kedua yang Mempesona

752 views
0

WartaWisata.ID Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Jaraknya sekitar 8×16 km2 dengan pemandangan Gunung Semiung di bagian belakangnya. Danau ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan lembah. Apalagi airnya yang begitu jernih semakin menambah pesona Danau Ranau.

Untuk sampai ke lokasi, para wisatawan harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau 8,5 jam perjalanan darat dari kota Palembang.

Danau Ranau terbentuk dari hasil proses alami melalui gempa dan ledakan vulkanik yang menciptakan serpih besar. Sebuah aliran dari Gunung Semiung kemudian mengosongkan serpih ini yang mengubahnya menjadi danau.

Di kaki Gunung Semiung terdapat air panas alami yang berasal dari dasar danau. Sebuah air terjun, yaitu Subik, juga bisa dilihat di sekitar danau. Danau Ranau terletak di perbatasan Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Di bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang oleh penduduk setempat menyebutnya Pulau Marisa. Pulau ini merupakan daerah persawahan yang cukup luas, pohon-pohon kelapa dan hutan yang menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan primata.

Untuk menjelajahi danau, kamu bisa menyewa sebuah perahu motor yang oleh penduduk setempatnya menyebutnya “Ketek”. Harga sewa biasanya sekitar Rp 100.000 – Rp 300.000 tergantung hasil kesepakatan dengan pemilik perahu.

Saat perut mulai keroncongan setelah mengelilingi danau dan menikmati wisata air, para wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat makan di sekeliling danau. Ada Ikan Mujair khas yang hidup di Danau Ranau, tentunya rasa ikan ini sangat berbeda dariIikan Mujair lain dan tidak akan ditemukan selain di Danau Ranau.

Komentar kamu?