Candi Bumiayu, Peninggalan Komplek Candi yang Bersejarah di PALI

160 views

WartaWisata.ID Candi Bumiayu adalah salah satu situs peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai Lematang, tepatnya di Desa Bumiayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Inilah destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten PALI, candi ini sebagai peninggalan peradaban Hindu yang hampir mayoritas terbuat dari batu bata merah.

Lokasi Candi Bumi Ayu berjarak 85 kilometer dari Kota Muara Enim, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan berkendara dengan mobil. Jika anda datang dari arah Palembang, jarak yang harus anda tempuh sekitar 300 km.

Sejarah Candi Bumi Ayu yang diketahui saat ini adalah ditemukan oleh EP. Tombrink pada tahun 1864, di pesisir Sungai Lematang, Muara Enim. Masyarakat sekitar meyakini, lokasi candi Bumiayu adalah bekas istana sebuah kerajaan Gedebong Undang. Penyebutan kata candi juga mengikuti kata bahasa jawa, karena masyarakat sekitar menamainya dengan Kuil. Ada arca Siwa Mahaguru, Narawahana, Agastya dan Nandi yang merupakan simbol Hindu.

Candi Bumi AYu ini merupakan kompleks percandian yang cukup luas, sekitar 75 ribu hektar dan ada sekitar 9 lokasi candi, tetapi baru 4 yang baru dipugar. Candi Bumi Ayu ini memang menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat terkenal, bahkan tidak hanya wisatawan domestik saja yang berdatangan, tapi juga wisatawan asing.

Di salah satu bagian candi terdapat sejumlah fragmen seperti kepala arca yang berwajah raksasa (ugra), arca perempuan sedang memegang ular serta arca perempuan yang mengenakan kalung dari untaian tengkorak serta arca-arca binatang.

Komentar kamu?