Bendungan Perjaya, Bendungan Kedua Terbesar di Oku Timur

375 views

WartaWisata.ID Bendung Perjaya terletak di Desa Perjaya dan Kermongan Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan. Bendung Perjaya adalah bagian dari prasarana jaringan Irigasi Komering yang membendung Sungai Komering sehingga dapat mengairi daerah Komering, Macak, Belitang, Bahuga juga Mucak Kabau dan Tulang Bawang di daerah Lampung.

Bendung tersebut berada posisi 104° 20’ Bujur Timur – 104° 55’ Bujur Timur dan 3° 55’ Lintang Selatan dan 4° 20’ Lintang Selatan, berjarak + 8 km dari kota Martapura dan + 200 km dari Palembang.

Bendungan Perjaya yang merupakan salahsatu bendungan terbesar di Provinsi Sumatera Selatan tak dapat dipungkiri memiliki posona keindahan yang masih perlu di kelola dan di promosikan.

Tujuan dari Bendung Perjaya ini adalah sebagai sarana dan prasarana irigasi untuk meningkatkan wilayah daerah irigasi Belitang yang sudah ada dan membuka daerah baru dengan total luas areal seluruhnya 120.000 Ha. Studi kelayakan pembangunan bendung dilaksanakan oleh JICA pada tahun 1981. adapun sistem Bendung Gerak Perjaya
dipilih berdasarkan pertimbangan teknik dan ekonomi dimana sistem tersebut lebih baik dibandingkan dengan bendung tetap ataupun bendung kombinasi.

Berlibur di sana menjadi lebih asyik karena Bendungan Perjaya ini sudah mulai di benahi fasiilitas tongkrongannya.
Seperti menambah tempat duduk yang santai dengan tendanya, ayunan dan di sekitarnya ada jualan makanan berbagai macam. Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan para pengunjung menghabiskan waktu saat berlibur.

Komentar kamu?