WartaWisata.ID Rangkaian acara FKK yang diadakan oleh Bank Sultra dan Komunitas Tripelka, ditutup dengan sebuah Rekor Muri yaitu Makanan tradisional khas Sulawesi Tenggara (Sultra), kasuami setinggi 2,5 meter, dan diameter 180 cm.

KASUAMI TERTINGGI – Makanan tradisional khas Sulawesi Tenggara (Sultra), kasuami setinggi 2,5 meter, dan diameter 180 cm di Kendari Food Festival (KFF) berhasil tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

Kasuami merupakan makanan pokok tradisional masyarakat Sultra yang bermukim di kepulauan seperti suku Buton dan Muna. Ubi kayu yang diparut dan hasil parutan tersebut harus diperas untuk menghilangkan kadar airnya. Hasil akhir akan berupa kaopi atau semacam ampas. Inilah yang menjadi bahan baku kasuami. Tepung kaopi akan dimasukan dalam cetakan berbentuk kerucut yang dianyam menggunakan daun kelapa. Cetakan yang telah berisi kaopi selanjutnya dikukus. Umumnya kasomi disantap bersama degan hasil laut seperti ikan asin atau ikan bakar.

Event yang dilaksanakan sejak tanggal 28 Desember 2018, akhirnya resmi ditutup oleh Plt Walikota Kendari, Sulkarnaen K. SE, ME. Dalam acara penutupan Festival Kuliner Kendari (KFF) yang dilaksanakan kawasan eks MTQ Kendari, Minggu (2/11/2018), Plt Walikota Kendari, Sulkarnaen K. SE, ME. dalam sambutannya mengatakan, Bahwa “Event yang dilaksanakan oleh Komunitas Tripelka ini sangat kreatif, penuh dengan inovasi dan gagasan yang patut diberikan apreseasi dan berikan dukungan” Event ini juga sekaligus mengangkat nama Daerah dan memperkenalkan Kuliner Kendari Ke seluruh Indonesia, sehingga harus terus dilaksanakan Pungkasnya.

Direktur Utama Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden dalam wawancara dengan WartaWisata, mengatakan bahwa Bank Sultra Selaku Bank Pembangunan Daerah mendukung pelaksanaan Event Kewirausahaan UMKM di Sulawesi Tenggara sebagai bentuk Komitmen dan dukungan Bank Sultra terhadap Program Pemerintah Daerah, salah satunya dengan Wadah Kewirausahaan yang telah dilaunching bernama MitraPreneur, agar pelaku Usaha-usaha mikro dapat terus berkembang menjadi Usaha kecil bahkan sampai menengah, Itu misi kami, selain itu kami juga memberikan inovasi dengan layanan terbaru Bank Sultra yang kami perkenalkan dalam event ini yaitu QR SMS, Yaitu pembayaran non tunai atau Cashless, Jelas Khaerul Kemala Raden.

Komentar kamu?