Gunung Daik dengan Puncak yang Unik dan Mempesona

381 views
0

WartaWisata.ID Gunung Daik adalah gunung yang terletak di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Dikenal dengan gunung tiga cabang yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan, Gunung Daik memiliki keindahan alam yang masih asri.

Untuk mencapai lokasi wisata gunung Daik ini, para wisatawan dapat memulai perjalanan dari Tanjung pinang menuju pelabuhan Pancur kabupaten Lingga dengan menggunakan speed boat. Sesampainya di Lingga, Anda dapat menuju kawasan lokasi wisata dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi yang sudah para wisatawan sewa.

Gunung Daik memiliki pesona keindahan yang cukup banyak menarik minat para pendaki. Meskipun jalurnya yang terkenal terjal dan berliku, namun hal ini akan terbayarkan dengan keindahan alam di sekitar gunung yang masih sangat hijau dan asri. Sebelum memulai pendakian, Anda akan disambut dengan gapura bertuliskan Obyek Wisata Pendakian Gunung Daik.

Sepanjang jalur pendakian, Anda akan disuguhkan dengan suasana hutan yang masih alami. Di kaki gunung, terdapat sungai-sungai yang memiliki air sangat jernih. Air dari sungai ini menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Lingga.

Gunung Daik mempunyai tiga puncak yang membuatnya juga lazim disebut dengan Gunung Daik Tiga. Masing-masing puncak gunung ini memiliki nama Gunung Daik, Gunung Pejantan dan Gunung Cindai Menangis. Ketinggian maksimal gunung ini hanya sekitar 1.165 mdpl namun jarang pendaki yang berhasil menuju ke puncak. Pasalnya untuk sampai di puncak gunung ini dibutuhkan skill khusus panjat tebing. Tinggal kesulitannya pun telah diakui oleh dunia sehingga tidak sembarangan pendaki yang bisa menikmati keindahan dari puncak Gunung Daik.

Seperti halnya gunung-gunung yang lain, di Gunung Daik ini memang tidak tersedia fasilitas seperti warung makan atau fasilitas lainnya. Disana hanya terdapat pos penjagaan yang berguna untuk pelaporan bagi wisatawan sebelum melakukan pendakian.

Namun di kota Lingga banyak fasilitas yang tersedia seperti toko, warung-warung makan, kamar mandi, hotel, penginapan dan fasilitas lain yang dapat mendukung perjalanan Anda sebelum maupun sesudah melakukan pendakian.

Pendakian di Gunung Daik ini tidak dibatasi waktu, sehingga Anda dapat mendaki kapan saja. Sampai saat ini pendaki tidak dipungut biaya saat akan memasuki jalur pendakian, namun bagi para wisatawan yang memerlukan pemandu wisata, tinggal perlu membayar biaya sebesar Rp. 200.000,-

Komentar kamu?