Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, Wahana Belajar di Purbalingga Jawa Tengah

767 views
0

WartaWisata.ID Taman wisata Purbasari Pancuran Mas yang terdapat di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah ini mempunyai rencana wisata pendidikan terkecuali jadi fasilitas rekreasi untuk pengunjungnya. Tempat yang ada di desa jauh dari keramaian kota buat situasi yang tenang jadi tempat rekreasi untuk kembalikan kepenatan kesibukan keseharian serta pas untuk tempat edukasi mengenai flora serta fauna Indonesia.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mulai dibangun pada tahun 1993 oleh H. Sarimun Budi Purwanto yang awalnya merupakan tempat koleksi berbagi jenis ikan air tawar, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Koleksi ikan yang sangat lengkap sampai dengan adanya ikan raksasa Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon membuat tempat ini semakin dikenal masyarakat.

Hobi mengumpulkan ikan dan sebagai sarana belajar khususnya tentang jenis ikan tawar akhirnya mendapat dukungan dari keluarga dan pemerintah daerah setempat, maka lokasi ini pada tahun 2001 dibuka untuk umum sebagai Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) dan diresmikan oleh bupati Purbalingga Triyono Budi S pada saat itu.

Purbasari Pancuran Mas, taman wisata pendidikan seluas 6 hektare yang menjadi ikon wisata Purbalingga.

Harga tiket masuk Senen-Minggu yaitu Rp. 18.000 Bahkan jika membawa rombongan min 20 orang mendapat diskon 10% loh dan free 1 tiket masuk juga.
Sedangkan untuk rombongan min 75 orang akan mendapat diskon 15% dan free tiket dikelipatan 20.

Daya tarik wisata Purbalingga terletak pada sejumlah obyek wisata buatannya yang menawan. Meski ada sejumlah obyek wisata alam yang cantik namun ikon wisata kota kelahiran Jenderal Sudirman ini ada pada tiga tempat yakni Owabong yang merupakan pengembangan dari pemandian alam Bojongsari, Sanggaluri Park dan Purbasari Pancuran Mas yang merupakan taman rekreasi sekaligus wahana pendidikan raksasa.

Komentar kamu?