Pulau Belibis, Wisata Alternatif Kota Solok Sumatera Barat

1,682 views
0

WartaWisata.ID Kota Solok ternyata menyimpan potensi wisata yang belum banyak diketahui orang, diantaranya Pulau Belibis. Pulau Belibis terletak di bagian selatan pasar Solok tak jauh dari galangga pacuan kuda Kota Solok, yaitu Pulau Belibis. Pulau Belibis ini adalah objek wisata di Sumatra Barat yang wajib dikunjungi untuk penggemar wisata alam, rekreasi dan hobi.

Lokasi Pulau Belibis ada di sebelah selatan pasar Solok dan dekat dengan arena pacuan kuda bernama Ampang Kualo. Jaraknya dari pasar Solok hanya sekitar 2 km dan lokasinya bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan atau bahkan berjalan kaki. Perjalanan dari Pasar Solok dengan kendaraan hanya memakan waktu 10 menit. Jalur ke tempat wisata ini sedikit menanjak namun jalannya sudah diaspal dan hanya berupa tanjakan ringan.

Objek wisata Pulau Belibis memiliki namanya karena dulu ada banyak burung belibis yang hidup di danau kecil di tempat tersebut. Sekarang, walaupun sudah tidak ada burung belibis, daerahnya masih asri dan berudara sejuk sehingga cocok sebagai tempat piknik keluarga. Sambil bersantai, pengunjung bisa menikmati keindahan danau dan pepohonan, menyegarkan pikiran yang kusut.

Pulau Belibis juga memiliki fasilitas pemancingan sehingga para pemilik hobi memancing bisa menyalurkan hobinya. Bagi yang tidak suka memancing, bisa berenang di kolam renang Samalero atau bermain di fasilitas rekreasi di Bukit Payo yang tidak jauh dari danau.

Untuk yang menyukai tantangan, di dekat Pulau Belibis juga ada taman pramuka; disebut demikian karena memiliki fasilitas untuk kegiatan outbound. Selain fasilitas tersebut, ada pula taman bermain untuk anak-anak serta tempat-tempat duduk yang nyaman sehingga sempurna untuk piknik.

Dikatakannya, keramaian di area wisata mulai pukul 14.00 Wib, tutup pukul 17.30 Wib dengan biaya ristribusi masuk Rp2.000 dengan permainan yang bisa dinikmati pengunjung Rp2.000.

Kini, dengan kondisinya yang semakin baik, Pulau Belibis bisa Anda jadikan alternatif tujuan tempat wisata Solok jika berkunjung ke Sumatra Barat.

Komentar kamu?