Gunung Talamau dengan 13 Telaga di Pasaman Sumatera Barat

174 views

WartaWisata.ID Gunung Talamau atau juga disebut Gunung Ophir adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung ini memiliki ketinggian 2,920 meter dan termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif. Yang membuatnya istimewa tidak hanya pepohonan hijau dan oksigen murni yang segar saat dihirup, tapi juga ada 13 telaga yang berada di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut.

ika mengunjungi Gunung Talamau ini maka kita bisa melakukan perjalanan dari dua arah, yaitunya dari Kota Padang dan Rao (perbatasan Sumatera Utara dan sumatera Barat). Kemudian jika kita dari Kota Padang Maka akan banyak transportasi yang tersedia menuju jurusan Padang-Pasaman Barat. Jalur ini biasanya sering di gunakan oleh wisatawan yang ingin mengunjungi Gunung Talamau. Untuk ongkos ke dekat gunung ini dari Padang biasanya hanya Rp 30.000 saja. Dan biasanya dari Kota Padang akan memakan waktu sekitar 6 jam sampai ke kaki gunung.

Mendaki ke Gunung Talamau, para wisatawan bakal disuguhi pemandangan luar biasa dari 13 telaga di atas. Berikut nama lengkapnya: Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo.

Disarankan para wisatawan menggunakan pemandu jika baru pertama mendaki atau baru pendaki pemula. Hal ini untuk menghindari kesasar dan sesuatu yang tidak diinginkan.

Komentar kamu?