Sembilan Buah Candi Gedong Songo yang Mempesona di Semarang Jawa Tengah

949 views
0

WartaWisata.ID Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi yang ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Stamford Raffless pada tahun 1804 ini berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di area ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 derajat celcius) dan sesekali kabut tipis turun dari gunung.

Lokasi candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil bahkan kendaraan besar seperti bis dengan jalanan yang naik dan kemiringannya sangat tajam. Diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa atau sekitar 10 menit dari objek wisata Bandungan.

Dari Semarang tempat ini bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan. Kompleks percandian ini memang sangat cantik. Berbeda dengan candi-candi yang biasa di bangun di tanah datar, Candi Gedong Songo justru dibangun di ketinggian sekitar 1.200 m dpl. Masing-masing bangunan candi dibangun mengikuti kontur lereng Gunung Ungaran.

Meskipun perjalanan kesana terus menanjak, Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Sesaat sampai di parkiran lokasi, Gerbang batu pun menyambut wisatawan, di sisinya terdapat loket yang mengharuskan wisatawan lokal membayar Rp 6 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk wisatawan asing dikenai biaya sebesar Rp 25 ribu rupiah.

Arsitektur bangunan candi memiliki ciri khas arsitektur candi langgam Jawa Tengah yakni memiliki atap berundak-undak, berhiaskan kala makara di gawang dan relung pintu, terletak di tengah halaman, dan mempunyai ruang utama di tengah bangunan. Secara vertikal Candi Gedong Songo terdiri dari tiga bagian yaitu kaki, tubuh, dan atap bangunan. Bagi yang memiliki ketertarikan khusus terhadap sejarah budaya, maka Candi Gedong Songo bisa menjadi referensi.

Komentar kamu?