Monumen Equator Pasaman, Monumen Garis Khatulistiwa dan Tempat Mengenang Tuanku Imam Bonjol di Pasaman Sumatera Barat

1,887 views
0

WartaWisata.ID Monumen ini adalah tugu lintasan khatulistiwa berupa bola dunia yang disangga oleh tiga tiang utama. Dari komplek monumen yang memiliki areal seluas 4 ha ini, wisatawan bisa mendatangi Museum Tuanku Imam Bonjol dan beragam souvenir khas Pasaman.

Bonjol sendiri terletak di Pasaman, 110 km dari Bukittinggi atau 200 km dari Kota Padang. Ada yang unik dari monumen yang di bangun sebagai tanda garis khatulistiwa. sebuah bangunan bola dunia yang di kombinasikan dengan rumah adat minang kabau dan tulisan ” You Are Crossing The Equator “. Garis lintang 0° ini semakin indah dengan desain biru bola dunia yang berada di pinggir jalan raya, dan disandingkan dengan jembatan yang beratapkan seperti rumah adat minangkabau.

Selain dari tugu equator bonjol, dilokasi sekitar equator ada museum tuanku imam bonjol, didalam museum ada benda-benda bersejarah seperti pedang, keris, baju adat dan benda tua langka lainnya. Pengunjung diperbolehkan untuk masuk kedalam museum atas bimbingan dan arahan oleh petugas museum.

Tempat ini dapat dikunjungi setiap hari, dibuka dari pagi sampai sore. Biasanya pada hari libur equator sangat ramai dikunjungi oleh siswa dari pasaman dan sekitarnya. Kegiatan yang dilakukan siswa mulai dari SD, SMP, Bahkan SMA banyak bermain sambil belajar.

Komentar kamu?