Mata Air Senjoyo yang Menenangkan di Kota Salatiga Jawa Tengah

2,783 views
0

WartaWisata.ID Wisata Mata Air Senjoyo di Tingkir Salatiga Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Senjoyo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Terdapat tujuh tuk atau mata air di Sendang Senjoyo, yakni Sendang Slamet, Sendang Bandung, Sendang Teguh, Sendang Lanang, Sendang Putri, Tuk Sewu, dan Umbul Senjoyo. Ketujuh sendang tersebut memiliki pesona kesejukan alam, karena airnya selalu bersih dan jernih.

Akses menuju lokasi Sendang Senjoyo semakin mudah. Terlebih setelah adanya pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo. Tentunya akan berdampak positif terhadap potensi wisata yang berada di dekat jalur bebas hambatan ini. Jalur tol tersebut memiliki 7 pintu gerbang masuk. Di antara ketujuh gerbang adalah di Salatiga, tepatnya di Tingkir.

Konon dari 9 titik sendang yang jernih itu juga mengandung berbagai macam manfaat untuk pengobatan. Beberapa pengunjung mengaku, dengan berendam di Sendang Senjoyo atau Umbul Senjoyo hati menjadi tenang dan pikiran jernih.

Sumber mata air ini letaknya di Kabupaten Semarang dan dekat dengan Salatiga. Di sini pengunjung dapat bermain air dan seru sekali. Lokasi ini lebih ramai pada sore hari dan dapat puas mandi di Mata Air Senjoyo. Mata Air Senjoyo adalah mata air yang terletak di Salatiga.

Daerah wisata mata air ini meliputi lereng Timur Gunung Merbabu, yang merupakan daerah resapan porus dengan luas skitar 40 km2, yang menyimpan air hujan selama musim hujan dan dikeluarkan di Mata Air Senjoyo yang memiliki keindahan mata air yang jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

Masuk ke tempat wisata ini hanya bayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 tiket mobil. Lahan parkir luas. Di hari-hari tertentu sangat padat pengunjung, antara lain musim liburan sekolah, atau tiga hari jelang Ramadan.

Komentar kamu?