Kawasan Teluk Mandeh, Wisata dengan Jumlah Pulau yang Banyak di Pesisir Selatan Sumatera Barat

1,414 views
0

WartaWisata.ID Kawasan Teluk Mandeh atau Taman Nasional Laut Mandeh terletak kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, berjarak 56 kilometer dari kota Padang, sekitar 70 menit menggunakan transportasi darat. Kawasan teluk mandeh memiliki ombak yang tenang karena terletak di kawasan teluk. Banyak jajaran pulau -pulau yang bisa kamu kunjungi disini. Setiap pulau memiliki masing-masing keunikan yang berbeda.

Para wisatawan pergi ke Mandeh untuk snorkeling, scuba diving, pergi berkemah, terjun payung, banana boat dan memancing. Berjalanlah ke puncak Bukit Mandeh, dan bersiaplah untuk terpesona melihat pemandangan Teluk Carocok Tarusan dan lingkungannya yang lebih menakjubkan. Tanaman Tropis Pohon Kelapa yang eksotis, Bunga Kembang Sepatu dan Pohon Nangka berbatasan dengan pantai berpasir putih. Mandeh membentang di tujuh desa, meliputi tiga kecamatan yang dikenal secara lokal sebagai Nagari, dengan populasi hampir 10.000 orang. Luangkan waktu untuk menjelajahi alam ajaib bawah laut yang indah ini, dengan kehidupan laut berwarna yang hidup.

Mandeh memiliki keindahan bawah laut, terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Terdapat sekitar 70 Hectare terumbu karang yang masih terawat. Tidak hanya itu, ternyata juga terdapat bangkai kapal MV Boelongan, yang tenggelam pada zaman penjajahan dahulu. Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tengggelam dikawasan ini menambah nilai tersendiri bagi wilayah ini. Di kawasan Mandeh juga terdapat hutan mangrove seluas 389 hektare serta berbagai biota laut yg beraneka ragam.

Jika kamu juga menikmati mandeh dari ketinggian, kamu bisa melihat jajaran pulau-pulau kecil yang terdapat di dalamnya. Kamu akan melihat landscape keindahan yang hampir sama dengan Raja Ampat di Papua. Sehingga banyak masyarakat yang menjuluki mandeh sebagai “Mini Raja Ampat” atau Raja Ampat dari Barat (Raja Ampat Of the west) karena jajaran sembilan pula kecil yang terdapat di dalam kawasan ini hampir menyerupai raja ampat papua.

Komentar kamu?