Pesona Wisata Alam Sinondro Posong yang Memikat di Temanggung Jawa Tengah

881 views
0

WartaWisata.ID Wisata alam Temanggung menghadirkan panorama perkebunan terasering dan Golden sunrise yang eksotis dari lereng Gunung Sindoro Jawa Tengah yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro. Gunung kembar yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian masing-masing 3.371 Mdpl dan 3.150 Mdpl. Siapa yang menyangka, di balik kegagahannya tersembunyi keindahan lain di Temanggung. Salah satunya adalah spot untuk melihat keindahan matahari terbit. Kamu akan dibuat terpesona saat cahaya merah menerpa gunung-gunung di kejauhan membentuk siluet keren.

Menurut data geografis letaknya berada tepat di kaki gunung Sindoro yang terkenal pemandangan menakjubkan. Sangking indahnya, wisatawan dapat melihat 7 puncak sekaligus serta samudra awan. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Temanggung yakni sekitar 26 kilometer dengan waktu hampir satu jam. Akses jalan menuju Wisata Alam Lembah Posong berupa jalan batu yang telah disusun secara rapi dan dipadatkan. Lebar jalan cukup sempit dan hanya mampu dilalui oleh sebuah kendaraan roda empat.

Nama Kawasan Wisata Lembah Sindoro Posong sebenarnya lebih dikenal oleh wisatawan. Sebutan itu memiliki makna tersendiri dan berhubungan dengan cerita kepahlawanan Pangeran Diponegoro. Kabarnya saat zaman penjajahan Belanda dulu, Pangeran Diponegoro mendirikan pos di Tlahap. Saat keberadaannya diketahui Belanda, makan pos tersebut diserang. Namun karena pasukan Diponegoro sudah meninggalkan tempat itu sebelumnya, Belanda hanya mendapatkan pos yang kosong. Itulah asal-usul penyebutan Posong.

Fasilitas penunjang Wisata Alam Lembah Posong dibangun oleh masyarakat sekitar dengan dana swadaya masyarakat. Fasilitas yang telah dibangun antara lain akses jalan berbatu, kamar mandi umum, musholla, rumah makan, area parkir, saung atau gasebo, dan rencananya akan dibangun rumah kecil semi permanen untuk disewakan buat wisatawan.

Komentar kamu?