Umbul Ponggok, Kolam dan Tempat Snorkling yang Unik di Klaten Jawa Tengah

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut.

1,799 views
0

WartaWisata.ID Umbul Ponggok adalah wisata air yang terletak di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving.

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika kalian datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Kolam Umbul Ponggok ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Snorkeling di tempat ini Anda tidak perlu takut akan terbawa gelombang, karena di tempat ini bukanlah dilaut melinkan di sumber mata air alami yang segar dan jernih dengan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus.

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.

Agar bisa masuk ke dalam wisata, setiap pengunjung wajib menyediakan biaya retribusi sebesar 15.000 per orang. Bagi pengunjung ingin melakukan kegiatan snorkeling, maka dipersilakan membawa peralatan sendiri dari rumah. Namun bila tidak memiliki peralatan snorkeling atau lupa membawa, maka pengelola wisata menyediakan penyewaan peralatan snorkeling yaitu kaki katak Rp.5.000 , snorkel Rp.10.000, pelampung Rp.5.000, dan ban Rp.5.000.

Jangan lupa untuk berfoto-foto biar menjadi kenangan yang menarik.

Komentar kamu?