Pantai Kartini yang Unik di Jepara Jawa Tengah

406 views
0

WartaWisata.ID Pantai Kartini adalah objek wisata pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai Kartini menjadi salah satu kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara. Tidak hanya sebagai wisata alam, Pantai ini juga dilengkapi berbagai Wahana seru untuk edukasi dan rekreasi anak serta tempat piknik yang ramah bagi keluarga.

Untuk rute menuju Pantai Kartini, sangat mudah diakses karena destinasi wisata Jepara ini berada di samping jalan raya yang sudah bagus. Jika menggunakan mobil pribadi atau kendaraan bermotor, para wisatawan cukup ikuti saja beberapa papan petunjuk di sekitar kota Jepara. Pantai ini berada 3 kilometer sebelah barat pendopo kabupaten Jepara. Sedangkan jika naik transportasi umum dari arah mana saja, turunlah di SD N 1 Bulu Jepara. Kemudian para wisatawan memilih berjalan kaki atau naik becak yang ada di sana. Tarifnya cukup murah, hanya berkisar pada Rp10.000 saja. Berkunjung ke Pantai Kartini dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00 – Rp 7.500,00 per orangnya.

Pemerintah daerah setempat memberi nama Kartini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan kita R.A. Kartini. Pantai Kartini memiliki pasir yang putih dan ombak yang tenang. Pantai ini cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Selain menawarkan keindahaan panorama alami pantai, ada beberapa wahana yang tersedia di pantai ini.

Salah satu wahana yang unik yaitu bangunan berbentuk kura-kura raksasa. Inilah yang membuat para pengunjung betah di pantai kartini. Pengelola pantai kartini bukan hanya menonjolkan wisata pantai pasi putih saja. Melainkan juga menonjolkan wisata pendidikan dan edukasi bagi anak-anak.

Di dalam kura-kura raksasa pantai kartini itu terdapat sebuah akuarium raksasa. Akuarium raksasa pantai kartini berisi berbagai jenis ikan. Selain berbagai jenis ikan , di dalam kura-kura raksasa terdapat beberapa wahana kehidupan di dasar laut. Didalamnya juga tersedia beberapa fasilitas lcd layar sentuh yang berisi informasi tentang kehidupan bawah laut.

Selain wahana kehidupan air di dalam kura-kura raksasa. Masih banyak wahana permainan di pantai kartini yang kira-kira tidak cukup untuk di mainkan selama 1 hari full. Seperti Kererta mini , lalu ada lagi wahanan catur raksasa. Kedepan pemerintah kabupaten jepara akan menambah berbagai wahana permainan lain seperti bananan boat, kolam ombak buatan, kapal pesiar mini dan mini boat.

Salah satu yang paling indah dari pantai kartini adalah sunset nya. Pengunjung bisa melihat dan mengabadikan sunset di pantai ini dari gazebo-gazebo. Biasanya sunset paling indah di pantai kartini adalah di bulan antara juli sampai september. Atau musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Komentar kamu?