Gunung Merbabu yang Mempesona nan Indah di Boyolali Jawa Tengah

1,387 views
0

WartaWisata.ID Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.145 Mdpl ini menyimpan pesona wisata alam yang menakjubkan sehingga menjadi salah satu tujuan favorit untuk aktifitas pendakian.

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah yaitu kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

Ada 3 puncak utama yang bisa dijelajahi di Gunung Merbabu, yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsongo dan Puncak Syarif. Ada 3 jalur pendakian utama yang bisa digunakan untuk mencapai puncak Gunung Merbabu, yaitu melalui Selo, Cunthel dan Wekas. Melalui jalur Selo, para pendaki akan menyaksikan padang rumput yang dipenuhi oleh bunga Edelweis yang sangat indah.

Jaraknya yang cukup dekat dengan Gunung Merapi menjadikan Gunung Merbabu bisa dijelajahi melalui jalur yang sama ketika mendaki Gunung Merapi, yaitu melalui Selo.

Keindahan sunrise di Gunung Merbabu sangat indah dan menakjubkan. Jembatan setan merupakan jalur pendakian di Gunung Merbabu yang sangat ekstrem dengan kondisi medan yang sangat terjal. Jalur ini akan dilewati sebelum mencapai Kentheng Songo.

Mengemban status sebagai kawasan Taman Nasional, Gunung Merbabu memberikan nilai tambah sebagai lokasi kunjungan yang wajib disambang para pendaki gunung dan penikmat alam. Jadilah saksi mata keindahan alam Indonesia dengan menjadikan Gunung Merbabu menjadi tujuan petualangan para wisatawan selanjutnya.

Komentar kamu?