Keindahan Monolith Bukit Watu Ireng di Pekalongan Jawa Tengah

289 views

WartaWisata.ID Bukit Watu Ireng ini terletak di lereng Gunung Rogojembang yang termasuk dalam wilayah Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Bukit Watu Ireng atau bahasa kerennya Black stone yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan Gunung Kelam.

erjarak sekitar 20km dari alun-alun Kajen yang merupakan pusat dari Kabupaten Pekalongan. Bukit Watu Ireng mempunyai luas sekitar 2 hektar, kita bisa melihat pemandangan kearah hutan pinus dan karet serta perkebunan dan sawah warga sekitar yang sangat hijau dan menyejukan. Seperti batu monolith lainnya, bukit seluas dua hektar ini terdiri dari batu tunggal yang padat, batunya berwarna hitam dan sangat keras.

bukit Watu Ireng ini juga punya keunikan lain. Di beberapa bagian di atas bukit, jika para wisatawan mengentakkan kaki, maka akan terdengar bunyi seperti suara gong. Selain itu, konon di bukit Watu Ireng ini ada pintu yang bisa menghubungkan ke dalam sebuah gua di bawah batu. Masyarakat percaya, di dalamnya terdapat satu set gamelan dan beberapa gaman. Tapi hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat dan masuk ke dalam gua tersebut. Ada juga yang mengatakan, dahulu gua tersebut jadi tempat persembunyian para pejuang yang melawan penjajah. Pada hari dan malam-malam tertentu biasanya ada orang bersemadi di bukit Watu Ireng ini.

Buat yang ingin pergi ke sana, tempat tersebut buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Harga tiketnya juga murah. Cukup Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu untuk parkir kendaraan, para wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam Bukit Watu Ireng.

Komentar kamu?