Curug Putri, Air terjun dengan Ukiran Batu Alami di Brebes, Jawa Tengah

326 views
0

WartaWisata.ID Curug Putri terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sebelumnya Curug Putri mempunyai dua pancuran air terjun dan sering disebut curug kembar. Namun seiring waktu berjalan, debit air menjadi semakin kecil sehingga sekarang hanya sisa satu air terjun saja. Curug Putri memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dihiasi tebing batu yang berada sisi-sisinya membentuk sebuah ukiran alami.

Lokasi ini dapat di tempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Akses jalan menuju lokasi Curug Putri memang cukup sulit. Selain belum diaspal, kendaraan yang dibawa hanya dapat sampai di pertengahan Dukuh Padanama. Sisanya kita harus menempuhnya dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sejauh 500 meter. Medan perjalanan juga cukup berat, karena harus melalui tebing cukup terjal.

Nama dari air terjun yang satu ini juga bisa dibilang unik. Sebagian masyarakat percaya bahwa nama Curug Putri ini memiliki asal usul yang unik. Mitos Curug Putri Brebes sendiri berasal dari pengambilan namanya yang unik. Curug diartikan sebagai air terjun, sedangkan kata “putri” sendiri menurut para sesepuh di sekitar lokasi diartikan sebagai bidadari dari khayangan.

Wisata Curug Putri di Mendala Brebes Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas minim di antaranyatempat parkir, mushola, toilet, tempat istirahat dan lainnya.

Komentar kamu?