Agrowisata Pagilaran, Kebun teh Unggulan Kabupaten Batang, Jawa Tengah

3,081 views
0

WartaWisata.ID Agrowisata Pagilaran adalah kebun teh yang terletak di Pagilaran di Desa Gondang, Kecamatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah. kawasan ini tak hanya menjadi wisata agro dengan pemandangan alam yang indah dan asri, tapi juga sebagai salah satu bukti sisa-sisa kejayaan penjajahan Belanda di masa lampau. Di Kebun Teh Pagilaran ini wisatawan dapat menjumpai berbagai peninggalan zaman kolonial yang masih terawat dengan baik. Di antaranya seperti bangunan Pabrik bergaya arsitektur khas Eropa yang cantik, dan bekas kereta gantung yang dulunya pernah digunakan untuk menikmati keindahan alam Pagilaran oleh orang-orang Belanda.

Lokasinya di Desa Pagilaran, sekitar satu jam dari pusat Kabupaten Batang, ke arah selatan. Dengan luas 1.130 hektare, Kebun Teh Pagilaran berada di atas 600-1.600 meter di atas permukaan laut.

Hamparan hijau tanaman teh di antara bukit-bukit yang berkelok memberikan sajian pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Suasananya yang sejuk, segar, dan bebas polusi memberikan ketenangan tersendiri bagi Anda yang mengunjungi Kebun Teh Pagilaran Batang ini.

Wisata Kebun Teh Pagilaran sangat cocok bagi Anda yang menghabiskan waktu liburan jauh dari keramaian kota, dan ingin merelaksasikan diri berbagai aktivitas yang menjemukan saat hari-hari kerja.

Usai menelusuri kebun dan lahan pembibitan teh, saatnya wisatawan menuju pabrik pengolahannya. Di dalam pabrik tersebut, setiap tahunnya tidak kurang 8.000 ton teh diproduksi.

Para wisata juga bisa membawa pulang teh tersebut sebagai oleh-oleh. Harganya bervariasi, mulai Rp 800 hingga Rp 350.000 untuk teh putih kecil.

Komentar kamu?