Patung Dewi Kwan Im, Patung Tertinggi Se-Asia Tenggara di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

2,566 views
0

WartaWisata.ID Patung Dewi Kwan Im terletak di Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Siantar Tim., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Kota Pematang Siantar merupakan Kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Patung Dewi Kwan Im, sang dewi welas asih, di Siantar ini merupakan patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara.

Patung ini berlokasi di Pusat Kota Pematang Siantar, tepatnya di Vihara Avalokitesvara. Vihara ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata Religi karena memang Vihara ini tempat beribadahnya Umat Tionghoa. Walaupun begitu, pemeluk agama lain boleh datang dan melihat kemegahan dari patung Dewi Kwan Im tersebut.

Menurut sejarahnya, patung ini dibuat langsung dari China dengan bahan dasar batu granit. Dewi Kwam Im adalah seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Buddha. Patung ini memiliki tinggi 22,8 meter yang di claim merupakan patung tertinggi se-Asia Tenggara. Nama vihara ini merupakan sebutan Dewi Kwan Im yang berarti mendengar suara dunia. Patung yang diimpor langsung dari China ini dibangun selama hamp1r 3 tahun dan menghabiskan dana kurang lebih Rp 9 miliar, dan kemudian diresmikan pada tanggal 15 November 2005. Namun hingga kini pembangunan vihara ini masih diteruskan untuk menyempurnakan tempat ibadah umat Buddha ini.

Tidak hanya turis dalam negeri yang bangga dan kagum akan keberadaan patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia tenggara ini, namun banyak sekali turis mancanegara yang menyempatkan diri untuk mengagumi dan mengabadikan kemegahan patung ini.

Komentar kamu?