Jembatan Tabayang, Jembatan terpanjang di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara

535 views

WartaWisata.ID Jembatan Tabayang atau dikenal juga dengan nama Jembatan Sei Kepayang adalah jembatan terpanjang di Sumatera Utara. Panjang jembatan ini mencapai 600 meter dan menghubungkan Kota Tanjung Balai dengan Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan yang dipisahkan oleh Sungai Asahan.

Jembatan Tabayang yang artinya “terbayang”, singkatan dari Tanjungbalai – Sungai Kepayang. Jembatan yang terletak di atas Sungai Kepayang menghubungkan kota Tanjungbalai dengan kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, pembangunannya oleh Pemko Tanjungbalai dan Pemkab Asahan, diresmikan pada tahun 2008.

Selain sebagai sarana penyebrangan, jembatan ini juga merupakan lokasi nongkrong favorit bagi muda-mudi Tanjung Balai. Apalagi di kala sore dan malam minggu, biasanya jembatan ini cukup ramai. Karena dari atas Jembatan Tabayang ini, kita dapat menikmati panorama indah dari Sungai Asahan dengan kapal-kapal yang berlalu lalang, di kejauhan terlihat pula pulau-pulau kecil berjejer di sepanjang aliran Sungai Asahan. Pemandangan di atas jembatan ini semakin indah pula di kala menjelang senja, karena cahaya jingga matahari yang akan terbenam bakal membias di permukaan Sungai Asahan yang indah.

Selain menjadi tempat nongkrong yang menjadi favorit para warga, di sekitar jembatan juga menjual makanan dan minuman ringan yang pas untuk dibutuhkan saat menongkrong

Komentar kamu?