Pulau Mursala, Pulau nan Eksotis di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

381 views
0

WartaWisata.ID Pulau Mursala adalah pulau terbesar di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sisi yang lebih menarik adalah Pulau Mursala ini sudah dua kali dijadikan lokasi syuting pembuatan film baik film nasional maupun Hollywood, yaitu King Kong pada tahun 2005.

Akses menuju Pulau Mursala lebih dekat jika di lalui melalui kota Sibolga. Kota Sibolga berjarak kurang lebih 350 km atau memakan waktu 7-8 jam dari kota Medan dengan menggunakan akses jalur darat. Setelah sampai di kota Sibolga, untuk mencapai pulau ini anda bisa menggunakan transportasi laut berupa kapal cepat (speedboat) atau kapal biasa. Untuk biaya sewa kapal, harga yang ditawarkan cukup bervariatif, namun rata-rata harga sewa kapal cepat disana kisaran 2.5 juta untuk pulang pergi dengan kapasitas 20 orang.

Pulau mursala atau turis asing menyebutnya mansalaar island ini diambil karena memiliki keindahan alam yang begitu indah dan unik, salah satunya adalah air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Air Terjun Pulau Mursala memiliki ketinggian sekitar 35 m. Karena letak air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut.

Para wisatawan akan berdecak kagum melihat sisi eksotisme yang tersimpan di Pulau Mursala. Asumsi diatas tentu tidak berlebihan, karena pada pulau ini tersimpan sebuah keindahan air terjun yang memliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kebanyakan air terjun yang ada di Sumatera ataupun di Indonesia pada umumnya.

Selain keunikannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan bahwa air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Komentar kamu?