Aek Sijorni, Air Terjun dengan Keunikan yang Khas Tapanuli Selatan

653 views
0

WartaWisata.ID Aek Sijorni adalah tempat wisata alam yang berada di Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Aek Sijorni memiliki keunikan tersendiri. Hal ini membuatnya menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Tapanuli hingga kini.

Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Padang Sidempuan dan butuh perjalanan sekitar dua jam untuk mencapai lokasi. Sementara itu, dari pusat kota Medan rutenya membentang sepanjang 380 kilometer. Bakal memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan untuk menuju air terjun. Para wisatawan bisa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan tranportasi umum seperti bus mini ataupun bus lintas timur Sumatera.

Menurut bahasa setempat, Aek Sijorni berarti air yang jernih. Konon, walau musim sedang kemarau ataupun hujan, air terjun ini akan tetap jernih dan bersih.Tak hanya itu kelebihannya, air terjun yang melalui tingkatan juga menjadi pemandangan yang indah. Ada dua air terjun kecil yang melalui beberapa undakan, sehingga alirannya bisa dinikmati baik dari kolam atas maupun bawah.

Tinggi air terjun ini mencapai 10 meter. Dan berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kacamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Lebih indah lagi, karena air terjun ini di kelilingi pepohonan kelapa yang tinggi.

Biasanya akhir pekan banyak wisatawan dari berbagai daerah sekitar datang ketempat ini untuk sekedar menikmati segarnya air terjun Sijorni atau untuk berlibur bersama keluarga. Tiket masuk Aek Sijorni juga cukup murah yakni hanya 6000 rupiah per pengunjung.

Komentar kamu?