Tangkahan, The Hidden Paradise Langkat, Sumatera Utara

1,841 views
0

WartaWisata.ID Tangkahan adalah sebuah kawasan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Indonesia. Tempat ini berada diantara dua desa, yaitu Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang. Tangkahan dijuluki turis sebagai surga tersembunyi karena tidak banyak yang tahu ekowisata di tempat ini. Padahal terdapat tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tujuan wisata yang ingin menikmati suasana hutan serta alam yang masih terjaga.

Tidak sulit mencapai lokasi Tangkahan karena tersedia alat transportasi seperti bus yang siap mengantarkan anda hingga ke tujuan. Jika wisatawan dari luar pulau, setibanya di Bandara Kualanamu, anda bisa menggunakan Damri ke Terminal Pinang Baris lalu dilanjutkan menuju Tangkahan. Waktu perjalan kurang lebih 4-5 jam.

Tangkahan dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar. Satu kegiatan unik yang jarang ditemukan di tempat wisata lain adalah kesempatan bisa memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajah hutan. Sungai yang berada di sini sangat jernih dan masih terjaga kebersihannya. banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti arung jeram di Sungai Alas, mengunjungi tempat rehabilitasi satwa langka orangutan sumatera yang pertama kali dilakukan oleh WWF dan Frankfurt Zoological Society 1973 di Bukit Lawang.

Kawasan dengan daftar jenis burung terpanjang di dunia mencapai 380 spesies serta 129 spesies mamalia ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengamati berbagai keanekaragaman hayati dan fauna yang terdapat di hutan Tangkahan. Topografi bukit dengan tebing cocok bagi yang hobi panjat tebing, mendaki gunung, dan berkemah. Untuk tour di Tangkahan Anda dapat melakukan aktivitas seperti Tracking Hutan Taman Nasional Gunung Leuser, Memandikan Gajah, Tubing, atau Menunggangi Gajah dengan membeli paket yang ditawarkan mulai dari harga Rp. 1.108.000-10.374.000/3 pax.

Komentar kamu?