Gunung Sinabung, Gunung Aktif dengan Pemandangan yang Indah di Karo, Sumatera Utara

1,204 views
0

WartaWisata.ID Gunung Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi ke 2 di provinsi itu.

Untuk sampai ke Gunung Sinabung dari Medan, Anda perlu menuju ke Berastagi, sebuah kecamatan yang indah yang terkenal dengan buah markisa. Cara terbaik adalah menyewa mobil pribadi, minibus atau taksi untuk sampai ke sana karena bus umum mungkin tidak nyaman. Anda juga bisa meminta bantuan agen perjalanan untuk mendapatkan pilihan terbaik untuk mencapainya. Sedangkan untuk bus umum, Anda bisa menuju ke Jalan Ginting Padang Bulan Medan dan naik bus bernama “Sumatera Transport” atau “Sinabung” untuk membawa Anda ke Berastagi. Jaraknya sekitar 66 km ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dari Berastagi, Anda bisa berkendara ke salah satu titik awal untuk mendaki Gunung Sinabung di Desa Sigarang-garang, Lau Kawar-Mardinding.

Gunung yang memiliki ketinggian hingga 2.451 Mdpl ini tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600, namun kembali aktif dan erupsi pada tahun 2010, 2013, dan 2016.

Di puncak Gunung Sinabung para pendaki akan disuguhi keindahan alam yang mempesona. Di kawasan puncak gunung, terdapat sebuah kawah dengan ukuran yang cukup besar karena merupakan gabungan dari dua kawah sebelumnya. Kawah tersebut sering dikenal dengan istilah Kawah Batu Sigala yang diyakini menyimpan sejuta misteri yang tak terungkap hingga saat ini.

Diantara puncak tersebut terdapat semacam teras dengan area yang cukup luas sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki. Bagi masyarakat sekitar, puncak yang sangat menantang tersebut lebih dikenal dengan nama “Batu Segal”. Nama batu Segal sendiri diberikan oleh Tetua Karo di sekitar kaki gunung.

Komentar kamu?